Cara Membuat Soto Enak Dan Gurih

Resep Cara Membuat Soto Ayam Lamongan Enak Dan Gurih

Soal soto segar, Soto Ayam mungkin yang pertama terlintas di pikiran. Di Indonesia yang paling terkenal mungkin adalah Soto Ayam Lamongan.



Berikut kami tampilkan resep Soto Ayam Lamongan dengan Koya dan Sambal.

Bahan: 

1 ekor ayam kampung tanpa jeroan, 3 batang serai di geprek, 5 lembar daun salam, 3 buah daun bawang putih segar cincang 1 cm, 1 lengkuas di geprek, 5 lembar daun jeruk, 1 sendok gula, 3lt air putih, garam sedikit, minyak goreng digunakan untuk menumis.

Bahan Halus: 

8 biji bawang putih, 5 butir bawang merah, 4 biji kemiri, 3 ruas jari kunyit yang sudah dibakar, 1 sendok ketumbar, 2 ruas jahe, 1 sendok merica

Bahan tambahan: 

6 butir telur ayam rebus, belah 4, 200 gram soun, rendam dengan air panas, daun seledri secukupnya, rajang halus, 250 gram tauge, rebus, kol secukupnya, rajang kasar, jeruk nipis secukupnya, bawang merah goreng secukupnya.

Bahan Sambal:

100 gram cabai rawit, garam sedikit aja, 1 siung bawang putih

Bahan Koya:

8 buah kerupuk udang yang sudah digoreng, 5 siung bawang putih ukuran sedang

Soto Ayam Lamongan Persiapan: 

Masak Air 3 liter masukkan ayam sampai empuk, lalu keluarkan busa di dandang, Keluarkan kaldu dan diamkan. Panaskan minyak sayur secukupnya, lalu tumis bumbu halus hingga aroma dan warna berubah. Tambahkan daun salam, batang serai, dan lengkuas. Aduk hingga harum. Tuang bumbu yang sudah digoreng ke dalam kaldu ayam. Bumbui dengan garam dan gula, lalu rebus kembali. Terakhir tambahkan bawang putih dan angkat dari kompor. Iris atau suwir ayam kampung untuk digunakan nanti. Masukkan kembali tulang ke dalam saus soto. Selanjutnya kita membuat koya. Tumbuk Krupuk dan bawang putih Kemudian kami menggiling keduanya menjadi bubuk. Selanjutnya kita siapkan sambalnya. Rebus bawang putih dan cabai lalu haluskan. Anda juga bisa menambahkan sedikit air jeruk nipis. Siapkan bahan  tambahan soto seperti mie, tauge, kol, telur, dan ayam.

Selamat Mencoba, Semoga Berhasil

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank Mandiri - An.wendy yulianto / Rek - 2345xxx
Traktir creator minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas

Spesial Promo Buat Kamu

50 % off

Fashion Hijab Masa Kini .

dapatkan sekarang
DCLVXI TV

Subscribe YouTube Kami Juga Ya